Daerah Asal


Hi guys! Aku mau bercerita nih tentang daerah asalku yaitu Pandaan, sebelumnya udah pada pernah kesana belumm? Belum yah.. hehehe
Nah yang belum pernah baca blogku yahh biar tauu Pandaan gimana sih Barangkali berminat kesana, hehehe
  Ciri Khas dan Budaya didaerah Pandaan
Pandaan Ini adaah daerah tempatku tinggal suatu wilayah kecamatan di Kabupaten Pasuruan Provinsi Jawa Timur yang terletak dikaki gunung penanggungan yang berjarak 30km sebelah barat daya ibukota. Lahh pandaan ini terdapat beberapa kuliner inilah beberapa tempat kuliner didaerah pandaan:
1. Taman Dayu
            Taman dayu adalah tempat wisata dan kuliner disana banyak pepohonan suasananya sejuk indah dan asri disana dimanfaatkan untuk camping, jogging,kumpul dengan keluarga ,dll dan banyak fasilitas out bound,water park, wisata panci ,lapangan golf,dll. Disana juga didirikan tempat kuliner seperti food terac, food veranda, Restoran Wapo, KFC, Cafe, dll.

2.Lesehan Pak sholeh
            Lesehan ini adalah tempatnya sedikit susah dicari karena bertempatan didesa Tungguwulung ,Pandaan jalannya lumayan terpencil tapi tidak usah khawatir tesesat karena sebagian besar orang mengetahui lokasinya yaitu dekat dari pasar pandaan jl.Pahlwan sunryo,.jalan saya kearah timur setelah nanti bertemu alfamart kebonwaris yang ada disebelah kanan jalan.



            3.Warung kepiting cak gundul
                        Kepiting cak gundul begitu terkenal diantara pencinta kepiting tidak hanya sekitaran Pandaan,Surabaya atau Malang saja, api sudah sampai ke semarang, jogja hingga ibukota Jakarta. karena kepting cak gundul sudah memiliki cabang dikota-kota tersebut

                            

                                                           
            4.dan lain-lain

Dan selain ada tempat kuliner ada juga tempat wisata loh beberapa tempa wisata didaerah pandaan:
1.      Masjid cheng hoo

       Adalah masjid yang unik karena dibangun engan memadukan unsur-unsur budaya Islam,Jawa,dan Cina menjadikan tampilannya menjadi arsiktektur yang megah dan menyatuh.memang masjid banyak didominasi unsur Cina.dapat dilihat dari warna-warna terang seperti hijau,kuning, dan merah. Dan adapun salah satu persamaan unsur cina dan jawa adalah pada ornamen-ornamen pada terpiap atap
                                   
2.      Taman dayu

            Taman dayu adalah tempat wisata dan kuliner disana banyak pepohonan suasananya sejuk indah dan asri disana dimanfaatkan untuk camping, jogging,kumulp dengan keluarga ,dll dan banyak fasilitas out bound,water park, wisata panci ,lapangan golf,dll disana juga didirikan tempat kuliner seperti food terrace, food veranda, Restoran Wapo,KFC, Cafe ,dll.
              
3.      Air terjun kakek bodoh

Wisata ini cocok dengan yang suka berpetualangan karena memberi beragam pesona yang cukup menarik
           
        4.Candi Jawi

Adalah Candi Hindu yang puncak candi tersusun atas 2 mahkota,yakni ratna-sutpa.pengunjung bisa menikmati suasana candi shiwa-budha yang mendapatkan keunikaan bangunan candi yang terletak pada bahan batu yang terdiri dari dua jenis .bagian bawah terdiri dari batu hitam , sedangkan bagian atas batu putih. Sehingga timbul dugaan, bahwa jadi dibangun dalam dua periode yang berbeda teknik bangunan.

                                 
5.Taman Candra wilwatikta

                  Adalah tempat yang pernah diadakan Festival tari Ramayanasa se-Asia,dan panggung alami terbesar di Indonesia dengan latar gunung yang sangat menawan serta simetris sekali dengan dua gapura yang ada pada latar belakang panggung.
                 
Selanjutnya seteah membahas tempat kuliner dan wisata juga ada beberapa budaya di Pandaan Kab.Pasuruan :
1.Seni batik Khas Pasuruan
      Mempunyai ciri khas yng menonjolkan kembang sirih dan burung kepodangnya
2.Seni music Hadra Al Banjari
         Mempunyai keistimewaan pada suaranya  yang bertalu-talu ditambah suara bas yang mirip music samba dari brazil. Musik ini erring dimainkan saat acara sunatan, pernikahan dan pada peringatan hari-hari besar umat islam seperti peringatan maulid nabi muhamad saw.
3.Tari Terbang Bandung
    Adalah Tarian yang merupakan perkembangan dari seni hadrah. Tarian ini dimainkan oleh 2 orang penabuh ketipung(kendang), 1 orang penabuh jidor (bedug kecil) dan 4 penabuh terbang ( rebana berukuran kecil)sekaligus penari,dengan durasi penampilan 10 menit.


Nah guys! udah panjang nih ceritaku tentang tempat tinggalku masih Kepo datang aja langsung kesana hehehehe…. Atau gak langsung komentar dibawah ini ya ….

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fasilitas umm

Kampus UMM